Cara Memandikan Bayi Yang Sebaiknya Para Calon Orang Tua Mengerti

Cara Memandikan Bayi Yang Sebaiknya Para Calon Orang Tua Mengerti
Memandikan bayi terutama saat bayi baru lahir seperti menjadi sebuah acara ritual yang tidak mudah untuk pasangan yang baru pertama kali menjadi orang tua. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan tentang cara memandikan bayi adalah pilihlah waktu yang tepat untuk memandikan bayi Anda. Dimana pada saat-saat itu tidak akan ada hal atau kepentingan yang mengganggu Anda saat memandikan bayi.

Hal ini tentu saja sangat penting karena jangan sampai Anda terpaksa harus meninggalkan bayi Anda dikarenakan teringat seseuatu yang penting yang belum dikerjakan. Jika memang ada hal yang mendesak dan mengharuskan Anda tidak dapat menyelesaikan ritual memandikan bayi, sebaiknya bawalah si buah hati bersama Anda.

Cara Memandikan Bayi Yang Sebaiknya Para Calon Orang Tua Mengerti

Berikut adalah langkah-langkah cara memandikan bayi.

1. Cucilah tangan Anda dengan bersih sebelum mulai memandikan bayi Anda.

2. Siapkan ruangan tempat memandikan

Bila memungkinkan, siapkan ruangan yang hangat dan bersih. Atau bila memandikan bayi di kamar mandi, pastikan lantai kamar mandi tidak licin untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Jika Anda menggunakan bak, letakkan bak di atas permukaan yang rata dan stabil, sehingga Anda bisa merasa nyaman saat memandikan bayi.

3. Siapkan semua peralatan mandi

Handuk, waslap, sabun bayi, krim bayi dan pakaian yang bersih sudah disiapkan sebelum mulai memandikan bayi. Pastikan pula semua peralatan mandi mudah dijangkau saat Anda mulai memandikan bayi Anda.

Cara Memandikan Bayi Yang Sebaiknya Para Calon Orang Tua Mengerti
Cara Memandikan Bayi Yang Sebaiknya Para Calon Orang Tua Mengerti

4. Tuangkan air ke dalam bak mandi

Air sebaiknya cukup sampai menggenangi bahu bayi saat dimandikan. Gunakan hanya sabun khusus untuk bayi, yang sifatnya lembut untuk kulit bayi Anda, dengan pH seimbang, dan sesuai dengan jenis kulit bayi Anda.

Baca Juga :  Cara Memandikan Bayi Yang Sebaiknya Para Calon Orang TuaMengerti

5. Cek kehangatan air

Sangatlah penting agar Anda mengecek suhu air terlebih dahulu sebelum memasukan bayi ke dalam air. Air mandi bayi sebaiknya jangan terlalu panas, namun jangan juga terlalu dingin. Cek apakah temperatur air sudah pas dengan meletakan sikut Anda kedalam air. Bila temperaturnya nyaman menurut Anda, maka air itu juga nyaman untuk bayi Anda.

6. Lepaskan pakaian bayi dengan hati-hati

Tahan leher dan kepala bayi dengan lembut, jangan terburu-buru saat melepaskan pakaian bayi. Ada baiknya Anda selalu melakukan kontak mata dengan bayi Anda, semenjak langkah ini. Agar terjadi ikatan saling percaya antara orang tua dengan anak.

7. Mandikan bayi perlahan saja

Basuh bayi Anda dengan air secara lembut menggunakan satu tangan. Perlahan mulai basuhkan air dari atas kepala, leher baru kearah bawah. Pastikan Anda membasuh pula semua lipatan kulit, termaksud di bawah dagunya. Hindari berlama-lama dalam memandikan bayi. Cukup 5 menit, agar bayi Anda tidak kedinginan.

8. Angkat dengan lembut

Hati-hati saat mengeluarkan bayi dari dalam bak mandi. Anda dapat langsung selimuti bayi dengan menggunakan handuknya yang lembut. Tidurkan di atas alas yang datas, kemudian keringkan tubuh bayi secara perlahan dan lembut.

9. Pakaikan pakaian yang bersih

Setelah tubuh bayi benar-benar kering, anda bisa langsung memakaikan pakaian yang sudah disiapkan.Namun sebelum mengenakan pakaian bisa juga Anda oleskan krim lotion, bedak tabur dan minyak telon.
Selesai, bayi pun bersih, dan wangi. Tidak sulit bukan? Dengan praktik semua akan menjadi terbiasa. Kegiatan mandi adalah salah satu terapi untuk mendekatkan hubungan emosional seorang anak dengan orang tuanya. Kegiatan mandi yang menyenangkan, dan nyaman, membuat anak Anda menjadi lebih percaya kepada Anda orang tuanya.

Baca Juga :  Tips Memilih Tempat Tidur Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman´╗┐