makanan sehat untuk ibu menyusui

Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Setiap ibu pastilah ingin memberikan segala hal yang terbaik untuk anaknya. Pada awal kehidupan, ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Oleh karenanya setiap ibu pastilah memimpikan bisa memberikan ASI, setidak tidaknya ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan sang anak.

ASI adalah sumber nutrisi terbaik pada bayi. Kendati demikian nutrisi yang terkandung di dalamnya tak bisa dilepaskan dari makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Hal ini menyebabkan ibu menyusui berkewajiban mengkonsumsi nutrisi yang lebih banyak demi kecukupan gizi buah hatinya.

Selain mempengaruhi nutrisi yang terkandung, makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui juga akan berpengaruh pada jumlah ASI yang diproduksi. Meski bukan satu satunya faktor, namun ibu yang memperoleh kecukupan nutrisi yang baik cenderung akan memproduksi ASI dalam jumlah yang lebih banyak.

Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Lalu apa sajakah makanan sehat untuk ibu menyusui yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sang ibu dan bayinya? Berikut uraiannya untuk Anda:

  1. Daun Katuk

Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui sudah lama dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Daun katuk dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI sejak hari hari awal menyusui hingga seterusnya selama ASI masih dikonsumsi oleh sang bayi.

Selain baik untuk meningkatkan jumlah produksi ASI, daun katuk juga kaya akan kandungan mineral yang baik bagi pertumbuhan bayi. Bagi sang ibu sendiri, kandungan mineral ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani utama manusia. Ternyata telur juga memiliki manfaat yang baik bagi ibu menyusui dan bayinya. Kandungan protein yang tinggi pada telur membuatnya dapat membantu pembentukan sel otak pada bayi. Sel otak yang terbentuk dengan baik tentunya juga akan secara otomatis meningkatkan kecerdasan bayi.

Baca Juga :  Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Wajib Mom Ketahui

Selain baik bagi otak, nutrisi yang terkandung dalam telur juga dapat tulang dan gigi pada bayi. Hal itu disebabkan karena telur juga memiliki jumlah kandungan vitamin D dan kalsium yang cukup tinggi.

  1. Wortel

Semua bagian bagian tubuh yang ada bayi belum berkembang sempurna layaknya orang dewasa. Kandungan nutrisi yang lengkap sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhannya. Wortel adalah salah satu sumber nutrisi yang wajib dikonsumsi oleh para ibu menyusui.

Kandungan vitamin A dan betakaroten yang tinggi pada wortel sangat baik untuk perkembangan indera penglihatan bayi. Selain itu wortel juga mengandung karbohidrat dan potasium dalam jumlah yang cukup ideal untuk melengkapi kebutuhan harian ibu menyusui dan bayi.

  1. Gandum

Makanan sehat untuk ibu menyusui berikutnya adalah makanan makanan yang terbuat dari gandum sebagai bahan dasarnya. Kandungan serat yang sangat kaya di dalam gandum sangat baik untuk kesehatan ibu menyusui dan bayinya. Apalagi mengingat sistem pencernaan pada bayi yang masih berada dalam tahap perkembangan.

  1. Aneka buah buahan

Buahan buahan memiliki kandungan berbagai vitamin. Vitamin vitamin tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui dan juga bayinya. Buah buahan bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi salad dan jus. Buah buahan yang diolah menjadi jus adalah yang paling baik karena sekaligus dapat menjaga ibu menyusui tetap terhidari dengan baik, meskipun tentu saja tetap butuh dilengkapi konsumsi air mineral yang cukup.

Selain memilih asupan makanan yang bergizi, ibu menyusui juga harus waspada dengan kemungkinan alergi yang diderita bayinya. Hindari mengkonsumsi makanan tertentu jika sesudahnya bayi mengeluarkan tanda tanda yang tak biasa.