mengatasi mual saat hamil

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Memiliki buah hati adalah dambaan bagi setiap orang tua. Apalagi jika buah hati tersebut adalah anak yang ditunggu-tunggu dan diidamkan. Namun, banyak lo diantara wanita yang hamil namun tidak tahu bahwa dirinya hamil.

Pasalnya, mereka tidak tahu tanda awal kehamilan yang sering muncul. Selain itu, tanda kehamilan yang muncul juga hampir sama dengan tanda menstruasi, sehingga banyak ibu hamil yang baru sadar bahwa dirinya berbadan dua setelah mengetahui dari telat datang bulan.

Nah, salah satu nikmat orang yang hamil adalah munculnya rasa mual yang biasanya terjadi pada trimester pertama. Memang rasa mual ini tidak selalu dirasakan oleh ibu hamil. Namun, kebanyakan diantaranya merasakan rasa mual baik yang ringan hingga mual yang hebat. Tentunya rasa mual yang muncul ini akan sangat mengganggu. Sebab, Anda akan kehilangan selera kana serta badan juga menjadi mudah lemas.

Lantas, adakah cara mengatasi mual saat hamil? Bagi calon ibu yang masih bingung mengatasi rasa mual, berikut ini akan dijelaskan cara mengatasi rasa mual sebagai ciri awal kehamilan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Mengetahui Makanan yang Menyebabkan Rasa Mual

Ibu hamil biasanya akan merasa mual saat mencium aroma yang tidak disukai. Oleh sebab itu, demi meminimalisir rasa mual, Anda perlu tahu apa saja benda yang tidak disukai. Jika sudah tahu, singkirkan benda tersebut demi menghindari rasa mual. Dengan tahu apa penyebab mual, Anda bisa mengatasi mual dengan lebih mudah.

  1. Menggunakan Wewangian yang Segar dan Disukai

Cara kedua untuk mengatasi mual saat hamil adalah dengan menghirup wewangian yang disukai. Dengan menghirup wewangian yang disukai maka akan lebih relax dan terhindar dari rasa mual.

Baca Juga :  Tips Memilih Tempat Tidur Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman

Nah, sebagai saran, Anda juga disarankan untuk memilih wewangian yang segar. Sebab, wewangian yang segar akan lebih tahan lama dibandingkan dengan aroma wangi saja.

  1. Perbanyak Minum

Untuk menghilangkan rasa mual salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memperbanyak minum. Dengan banyak minum air putih hal ini bisa menetralisir rasa mual dalam perut.

Bagi ibu hamil, wajib hukumnya untuk minum 10-12 gelas setiap harinya. Selain bisa menghilangkan mual, dengan banyak minum juga akan membuat ketuban menjadi lebih jernih dan janin sehat.

  1. Mengonsumsi Jahe atau Permen Jahe

Cara mengatasi mual selanjutnya adalah dengan mengonsumsi jahe atau permen jahe. Mengonsumsi jahe atau permen jahe dapat memberikan rasa hangat ada perut dan tenggorokan. Selain itu, mengonsumsi jahe juga membuat lidah tidak pahit dan bisa mengurangi rasa ingin muntah.

  1. Mengalihkan Perhatian Terhadap Hal yang Disukai

Rasa mual yang dirasakan oleh ibu hamil ternyata juga bisa dialihkan dengan menekuni hal-hal yang disukai. Nah, saat ibu mulai suka mengerjakan sesuatu, maka ia akan hanyut dalam aktivitas yang dilakukan. Dengan demikian, ibu juga akan lupa dengan rasa mual yang muncul.

  1. Makan Sedikit Demi Sedikit

ibu perlu ingat bahwa meskipun mual namun ibu tetap harus penuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Dalam hal ini ibu berarti harus tetap makan, namun jika rasa mual itu datang maka proses makan bisa dilakukan sedikit demi sedikit. Anda bisa berhenti jika rasa mual datang dna teruskan kembali ketika rasa mual mereda.

Cukup mudah bukan? Kenali ciri awal kehamilan dan ketahui penyebab rasa mual yang sering muncul.