penyebab penyakit leukemia

Kenali Ciri-Ciri dan Penyebab Penyakit Leukemia

Dalam dunia kesehatan, pernahkah Anda mendengar istilah leukemia? Leukemia lebih dikenal dengan istilah kanker darah bagi sebagian orang. Penyakit ini juga dianggap sebagai salah satu penyakit mematikan yang ada.

Lantas, apa sebenarnya leukemia itu? Leukemia merupakan kanker darah yang terjadi karena jumlah leukosit yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah sel darah lainnya. Akibatnya, leukosit memakan sel darah lain dan membuat sel darah lain jumlahnya menjadi berkurang. Dalam hal ini juga terjadi penumpukan sel darah putih pada bagian sum-sum tulang belakang.

Ciri-Ciri Leukimia

Bagaimana ciri-ciri leukemia? Penyakit leukemia bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Oleh sebab itu, kenali ciri-cirinya sejak dini agar bisa melakukan tindakan penanganan yang sesuai. Adapun ciri-ciri leukemia adalah sebagai berikut:

  1. Mengalami anemia
  2. Terjadi gangguan pembekuan darah
  3. Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening
  4. Terjadi pembesaran hati dan limpa
  5. Demam dan menggigil
  6. Munculnya keringat di malam hari
  7. Mudah mengalami memar atau pendarahan
  8. Sakit kepala
  9. Sesak napas
  10. Nyeri pada tulang dan sendi
  11. Munculnya bintik-bintik merah pada bagian bawah kulit.

Dari ciri-ciri di atas, Anda bisa tahu dan mendiagnosa sendiri apakah ada indikasi terkena leukemia atau tidak. Jika ada, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Selain mengetahui ciri-ciri leukemia, Anda juga harus tahu apa penyebab penyakit leukemia. Hal ini bertujuan agar Anda lebih waspada terutama dalam hal menjaga diri. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami leukemia.

  1. Benzena

Apakah Anda tahu apa itu benzena? Benzena merupakan unsur bahan kimia yang biasanya ditemukan pada bensin, mainan karet, cat rambut dan masih banyak lainnya. Bukankah beberapa benda tersebut merupakan benda yang sering Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, untuk itu jauhi beberapa benda tersebut jika Anda tidak ingin mengalami risiko penyakit leukemia.

  1. Efek Radiasi
Baca Juga :  Tips Memilih Tempat Tidur Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman

Tidak hanya benzena saja yang bisa menyebabkan leukemia, efek radiasi yang berlebihan juga bisa menyebabkan leukemia lho. Radiasi ini bisa didapatkan baik dari h, televisi, rontgen, pemeriksaan sinar x atau masih banyak lainnya.

Oleh sebab itu, wanita yang sedang hamil tidak diperbolehkan untuk melakukan rontgen ataupun pemeriksaan sinar x. Sebab, hal ini bisa mengakibatkan bayi lahir dan menderita leukemia. Nah, Anda juga perlu tahu sekecil apapun efek radiasi yang didapatkan juga memiliki pengaruh bagi tubuh.

  1. Unsur Kimia Radon

Selain benzena, ada lagi unsur kimia yang bisa menyebabkan leukemia yakni radon. Radon merupakan salah satu unsur kimia yang bersifat radioaktif yakni tidak terlihat, tidak berbau dan berupa gas.

Biasanya unsur ini ditemukan di lantai atau saluran air. Nah, ketika partikel-partikel radon ini masuk ke dalam tubuh secara terus menerus hingga jumlahnya banyak, hal ini bisa mengakibatkan leukemia.

  1. Rokok dan Kopi

Merokok dan minum kopi identik dengan kebiasaan yang dilakukan oleh pria. Kegiatan ini sangat mengasyikkan terlebih jika dilakukan pada saat waktu santai.

Namun, bagi Anda pecinta rokok dan kopi, agaknya Nada elu waspada. Terlalu banyak merokok dan mengonsumsi kopi bisa menyebabkan leukemia. Hal ini juga dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi lebih dari 2 gelas kopi sehari dapat meningkatkan risiko leukemia.

Kini Anda sudah tahu betapa bahayanya leukemia bagi kesehatan. Oleh sebab itu kenali ciri-ciri dan penyebabnya agar Anda bisa lebih waspada.