tempat tidur bayi baru lahir

Tips Memilih Tempat Tidur Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman

Tahukah Anda kalau bayi baru lahir akanlebih banyak waktu dengan tidur?  Pada beberapa bulan pertama kehidupannya,bayi Anda akan menghabiskan 20 jam sehari untuk tidur. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih tempat tidur bayi baru lahir yang aman dan nyaman untukbayi Anda.

Untuk lebih mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak yang tidak terantisipasi oleh orang tua, banyak pakar kesehatan merekomendasikan agar bayi tidur di ruangan yang sama dengan Anda selama enam bulan pertama kehidupannya. Anda juga disarankan untuk cermat dan teliti dalam memilih tempat tidur yang baik untuk bayi.

Memilih Tempat Tidur Bayi yang Aman

Kenyamanan dan keamanan bayi Anda sudah pasti menjadi perihal pertama dalam memilih tempat tidur bayi baru lahir. Anda mungkin rela menghabiskan banyak uang untuk membeli tempat tidur bayi.

Namun untuk urusan tempat tidur bayi, bukanlah tentang mencari produk yang termahal atau desain yang lucu. Karena keamanan produk lah hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan saat memilih tempat tidur bayi. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih tempat tidur bayi baru lahir.

1. Kualitas bahan material dan kontruksi tempat tidur bayi.

Perhatikan seluruh baut, sekrup, paku, atau bahan material yang digunakan untuk memasang tempat tidur bayi. Pastikan seluruh material tersebut telah terpasang dengan kencang agar tempat tidur bayi berdiri dengan kokoh. Untuk menjamin keamanan bayi Anda, disarankan untuk membeli yang baru. Tempat tidur lama atau bekas terkadang masih menggunakan cat yang mengandung bahan beracun, seperti timah.

2. Perhatikan jarak antar bilah.

Ada baiknya Anda pilih tempat tidur yang jarak antar bilahnya kurang dari enam sentimeter. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kepala bayi masuk ke antara bilah dan terperangkap disana. Bilahnya pun harus kokoh, dan memiliki permukaan yang halus sehingga tidak melukai kulit bayi.

Baca Juga :  Cara Memandikan Bayi Yang Sebaiknya Para Calon Orang Tua Mengerti

3. Design harus aman

Hindari membeli tempat tidur bayi yang salah satu sisi bilahnya bisa dinaikkan atau diturunkan. Karena terkadang sering terjadi kesalahan saat merakitnya, yang bisa mengakibatkan bayi bisa terselip atau bahkan terjatuh ketika hendak berpegangan pada bilah yang dapat digerakkan.

4. Perhatikan juga perlengkapan pelengkap tempat tidur bayi.

Beberapa tempat tidur tidak langsung dilengkapi dengan matrasnya. Sehingga menjadi tugas Anda untuk memiliih matras yang tepat bagi bayi Anda. Matras haruslah didesain khusus untuk bayi. Matras khusus bayi biasanya berbusa agak keras untuk mencegah terjadinya SIDS (sudden infant death syndrome) atau sindrom kematian bayi mendadak. Matras yang agak keras ini sekaligus berfungsi untuk menopang tulang punggung bayi agar tidak terganggu pertumbuhannya.

5. Hindari barang lembut ada di dalam tempat tidur bayi.

tempat tidur bayi baru lahir

Banyak orang tua yang menganggapkelengkapan tempat tidur bayi identik dengan barang-barang yang lembut.Padahal, pada kenyataannya, barang-barang lembut, seperti boneka atau bantalharus dihindari untuk mencegah timbulnya SIDS. Barang yang bertekstur lembutbisa beresiko membuat bayi sulit bernafas ketika wajahnya tertutupi olehbenda-benda lembut tersebut.

Setelah mendapatkan tempat tidur bayi yang aman dan nyaman, perhatikan pula posisi tidur bayi Anda. Sebaiknya, bayi tidur dengan posisi telentang demi terhindar dari kesulitan bernapas. Sebaiknya juga tempat tidur bayi diletakkan di kamar tidur Anda. Sewaktu-waktu bila bayi Anda menangis karena suatu hal, Anda bisa dengan sigap melakukan tindakan.

Menyediakan tempat tidur bayi baru lahir memang bukanlah perkara yang mudah, karena tingkat keamanan dankenyamanan yang dibutuhkan bayi jauh lebih tinggi.